logologo
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Tentang Prodi
    • Fasilitas Penunjang
    • Struktur Organisasi
    • Tenaga Pengajar
    • Profil Lulusan
  • AKADEMIK
    • Kurikulum
    • RPS
    • Berkas
  • MEDIA
    • Pengumuman
    • Berita
  • DAFTAR

  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Tentang Prodi
    • Fasilitas Penunjang
    • Struktur Organisasi
    • Tenaga Pengajar
    • Profil Lulusan
  • AKADEMIK
    • Kurikulum
    • RPS
    • Berkas
  • MEDIA
    • Pengumuman
    • Berita
  • DAFTAR
logologo
  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Tentang Prodi
    • Fasilitas Penunjang
    • Struktur Organisasi
    • Tenaga Pengajar
    • Profil Lulusan
  • AKADEMIK
    • Kurikulum
    • RPS
    • Berkas
  • MEDIA
    • Pengumuman
    • Berita
  • DAFTAR

  • BERANDA
  • PROFIL
    • Sejarah
    • Visi & Misi
    • Tentang Prodi
    • Fasilitas Penunjang
    • Struktur Organisasi
    • Tenaga Pengajar
    • Profil Lulusan
  • AKADEMIK
    • Kurikulum
    • RPS
    • Berkas
  • MEDIA
    • Pengumuman
    • Berita
  • DAFTAR

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan yang akan dihasilkan oleh Prodi D3 PSBI akan mengacu secara konsisten sesuai dengan  SWOT yang tertuang dalam visi, misi dan tujuan kurikulum. Ahli Madya Bahasa Inggris diharapkan memiliki karakter-karakter sesuai dengan yang diamanatkan oleh Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan yang dipertegas dengan UU No.12 thn 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta Permen No. 73 Tahun 2013 tentang pelaksanaan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Ahli Madya Bahasa Inggris yang dalam KKNI masuk pada jenjang kualifikasi 5 diharapkan memiliki karakter- karakter sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, berakhlak dan bermoral yang baik dalam menjalankan tugasnya bagi warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  2. Mampu bekerja sama serta memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan dan kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  4. Menjunjung tinggi penegakan hukum, serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  5. Mampu menyelesaikan tugas berlingkup luas, memilih metode yang sesuai dari beragam pilihan yang sudah maupun belum baku dengan menganalisa data, serta mampu menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur
  6. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural
  7. Mampu mengelola kelompok kerja dan menyusun laporan tertulis secara komprehensif
  8. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok

Secara Khusus, Profil Lulusan yang Diharapkan adalah:

  • Fasih berbicara dalam bahasa Inggris.
  • Mempunyai pengetahuan ruang lingkup dunia kerja
  • Menerjemahkan dengan baik dari bahasa Indonesia kebahasa Inggris dan sebaliknya.
  • Menulis dokumen-dokumen yang dibutuhkan di tempat kerja dengan baik dalam bahasa Inggris dengan teknologi komputer.

Lulusan program D3 Bahasa Inggris Polban secara umum mampu bersaing dalam masyarakat untuk menjadi penerjemah, reporter, penulis, editor dan berperan serta di dunia bisnis jasa dan manufaktur, baik nasional maupun internasional.

BIDANG KERJA

Bidang kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan program D3 Bahasa Inggris diproyeksikan sebagai berikut:

  • Pemandu wisata
  • Translator
  • Interpreter
  • Administrative Staff
  • Public Relation Officer
  • Konsultan Bahasa
  • Entrepreneur

 

KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN

  • Karakteristik proses pembelajaran yang dimaksud terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
  • Proses pembelajaran di perguruan tinggi haruslah memenuhi Karakteristik proses pembelajaran sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang Sisdiknas atau dalam Permen no. 49 tahun 2014 Pasal 11 yakni terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
  • Sedangkan metode yang akan digunakan adalah sebagaimana yang diuraikan pada pasal 14 ayat lima Permen no. 49 thn 2014 yaitu berupa:
  1. kuliah;
  2. responsi dan tutorial;
  3. seminar; dan
  4. praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan;

Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Mampu mengelaborasi dan mengembangkan konsep-konsep teoritis dalam ilmu bahasa .
  2. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  3. Mampu menerapkan konsep-konsep filosofi paradigmatis,teoritis, dan metodologis ilmu bahasa dalam meningkatkan kinerja profesional sehingga dihasilkan karya yang kreatif, orisinil, dan teruji.
  4. Mampu menerapkan ilmu dan keterampilan berbahasa dalam bidang pariwisata dan budaya dalam mendukung NTB sebagai daerah tujuan wisata.
  5. Memiliki wawasan kewirausahaan yang baik sesuai dengan karakter daerah.

Universitas Bumigora

Alamat:
Jl. Ismail Marzuki, Cilinaya, Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83127, Indonesia
Jam Pelayanan Akademik:
08:00 – 17:00 Wita
Telephone:
(0370) 638369
Email:
universitasbumigora.ac.id

Jelajahi

  • Pengumuman
  • Berita

Publikasi

  • E-Jurnal